Cara Menabung Dana Darurat Bagi Pemula

Apakah kamu selalu gagal saat mencoba menabung dana darurat? Tenang, ada banyak millennial yang mengalami hal yang sama. Sebelum masuk pada tips menabung dana darurat, pahami dulu bahwa dana darurat bersifat sangat penting dan tidak bisa ditunda. Sehingga skala prioritasnya sangat utama.

Boleh saja sih bergantung pada pinjaman online cepat cair cukup ktp. Tapi, itu saat kondisi tidak ideal dimana kita belum punya dana darurat. Nah, mumpung masih muda, masih baru kerja dan sudah punya penghasilan, ada baiknya juga memahami strategi mengumpulkan dana darurat bagi para pemula seperti kamu.

Menghitung target dana darurat yang harus terkumpul

Setiap sesuatu hal pasti punya tujuan dan target yang jelas. Nah, tujuan dana darurat ini adalah ibarat sebuah ban serep mobil. Mobil tetap harus berjalan ketika mengalami kendala di jalan. Jika salah satu ban tertusuk paku, ada ban cadangan.

Ban cadangan inilah yang diibaratkan sebagai dana darurat. Jika sewaktu-waktu kita tidak punya penghasilan, hilangnya pekerjaan, maka dana darurat inilah yang digunakan untuk bertahan hidup sambil mencari-cari sumber penghasilan yang baru.

Nah, jumlahnya itu berbeda-beda tergantung kondisi kamu sendiri. Jika belum punya tanggungan, dana darurat harus bisa menutupi kebutuhan pokok bulan selama 3 bulan. Lebih lama lebih baik. Jika sudah punya anggota keluarga atau tanggungan, dana darurat yang harus dipersiapkan jauh lebih besar. 

Dana darurat yang disiapkan harus bisa menutupi kebutuhan satu keluarga paling tidak selama 6 bulan lamanya. Jadi, hitung dulu deh kebutuhan kamu jika punya tanggungan atau jika tanpa ada tanggungan. Dari pengeluaran pokok tersebut adalah angka yang harus dikumpulkan dikalikan dengan jangka waktu yang dibutuhkan. 

Contoh jika dalam 1 bulan kamu memerlukan biaya sebesar Rp3 juta, maka untuk seorang single paling tidak harus punya dana darurat sebanyak Rp9 juta untuk 3 bulan mendatang. Jadi, saat sudah punya penghasilan utama, fokus dulu kumpulkan dana darurat untuk kehidupan 3 bulan selanjutnya jika sewaktu-waktu ada kejadian yang tidak diinginkan.

Menyisihkan 10%-20% dari penghasilan bulanan

Salah satu cara agar bisa menabung dana darurat adalah dengan memotong langsung pemasukan di awal bulan. Biasanya bisa langsung autodebet ke rekening yang berbeda. Sehingga dengan demikian, mau tidak mau akhirnya kita akan dipaksa untuk menyisihkan pendapatan untuk hal yang lebih penting di masa depan yaitu dana darurat.

Menyisihkan 30% dari bonus, THR, hadiah

Selain pendapatan tetap, biasanya kita juga menerima beberapa bonus kerja atau hasil usaha lainnya. Nah, prinsipnya jika kebutuhan pokok sudah terpenuhi, maka hal utama yang perlu dipenuhi adalah dana darurat, tabungan, asuransi dan investasi.

Persentase yang bisa disisihkan dari bonus atau THR paling tidak 30 persennya. Sedangkan sisanya bisa dialokasikan untuk kebutuhan lain. Yang pasti, jangan menghabiskan dalam waktu singkat sehingga tidak bersisa. 

Memisahkan dana darurat di rekening berbeda

Rekening operasional dengan rekening dana darurat hendaknya terpisah. Supaya tidak tercampur dengan dana operasional harian. Bisa juga memisahkan dalam bentuk amplop-amplop sederhana jika dananya disimpan di rumah. Namun, agar lebih aman sebaiknya dibuat dalam rekening terpisah. Sehingga uang pun aman dari rayap atau akibat pengaruh cuaca. 

Dana darurat bisa jadi cuan juga lho, asalkan…

Siapa bilang dana mengendap tidak bisa produktif. Nah, jika goals financial kamu sudah tercapai soal dana darurat ini. Kamu masih tetap bisa memanfaatkannya untuk investasi lho. Asalkan porsinya tidak 100% dialokasikan untuk investasi.

Pilih investasi yang aman seperti emas atau reksadana tetap. Sehingga, setengah atau sepertiga dana darurat kamu tidak tergerus inflasi. Bisa beranak pinak meskipun sedikit. Yang penting tidak terlalu berkurang karena dipotong biaya admin bank atau mengalami penurunan nilai karena inflasi.

Sementara buat yang belum tercapai goalsnya. Jangan khawatir, karena fintech pinjaman online cepat cair cukup ktp sangat terbuka jika dana mereka digunakan untuk membantu kamu dalam kondisi darurat. Entah untuk biaya pengobatan, bayar rumah sakit, bayar biaya pendidikan atau bayar biaya perbaikan kendaraan. Selama bisa produktif, jangan anggap utang itu sebagai tabu. Karena jika digunakan dengan benar, utang akan membantu meningkatkan produktivitas serta jadi cadangan saat dibutuhkan.

Salah satu pinjaman online cepat cair cukup ktp yang bisa diandalkan seperti Kredifazz. Bunganya paling rendah diantara yang lainnya, hanya 0,3% saja per hari. Sementara tenornya bisa pilih 3 bulan atau 6 bulan. Untuk pinjaman tunai tidak perlu jaminan atau uang muka. Tapi, nantinya ada biaya admin sebesar 6% yang akan dipotong di muka. Maksimal plafon pinjaman Rp3 juta.

Nah, itulah beberapa tips cara menabung dana darurat bagi pemula. Pastikan disiplin menyisihkan pendapatan bulanan maupun bonus-bonus yang didapatkan agar goal finansial kamu bisa lebih cepat terwujud.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>