Berikut Ini 4 Manfaat Sahur Untuk Kesehatan Tubuh

[QUIZ] Cari Tahu Menu Sahur Sehat yang Sesuai Golongan Darahmu!

Salah satu rangkaian ibadah di bulan puasa adalah sahur. Memang sahur ini hukumnya sunnah alias tidak wajib, namun sebaiknya anda melakukan sahur terlebih dahulu saat hendak berpuasa. Sebab dalam sahur terdapat pahala dan keberkahan di dalamnya

Dalam hal ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam menegaskan tentang manfaat sahur bagi kesehatan dan pentingnya untuk tidak melewatkannya. Selain itu, sahur juga bisa mendatangkan keberkahan.

Ada sebuah hadits yang diriwiyatkan dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda : “Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan.” (HR. Bukhari : 1923).

Jika dilihat secara medis, manfaat sahur untuk kesehatan tubuh tidak usah diragukan lagi. Bahkan, para ahli kesehatan mengatakan bahwa dengan melakukan sahur, sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang manfaat sahur untuk kesehatan tubuh sebagai berikut.

  • Sumber Energi

Manfaat makan sahur bagi kesehatan yang pertama adalah sebagai sumber energi. Perlu diketahui bahwa asupan sahur yang baik bisa menjadi cadangan tenaga atau energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas selama berpuasa seharian penuh.

Maka dari itu, pilihlah makanan yang mengandung gizi baik supaya manfaat sahur bagi kesehatan lebih maksimal. Perbanyaklah makan sayur dan buahan, agar pencernaan anda tetap baik walaupun lebih dari 12 jam ke depan tidak ada asupan makanan atau minuman.

  • Mencegah Penyakit

Manfaat sahur bagi kesehatan berikutnya adalah dapat mencegah berbagai macam penyakit. Sahur ini diketahui bisa mengurangi potnsi berbagai macam penyakit seperti diabetes, jantung dan stroke yang disebabkan oleh sindrom metabolik.

Sindrom metabolik merupakan sebuah kondisi kesehatan yang memburuk dan terjadi pada waktu yang bersamaan. Kondisi dapat diindikasikan melalui naiknya kolesterol, tekanan darah, gula darah, dan penumpukan lemak.

  • Mencegah Dehidrasi

Manfaat untuk kesehatan lainnya yang bisa anda dapatkan ketika makan sahur adalah dapat mencegah dehidrasi. Pasalnya, tubuh kita membutuhkan sekitar 2 liter air setiap harinya.  Nah, sahur ini sangat penting untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh.

Di bulan puasa, kesempatan untuk mengonsumi air terbatas hanya bisa dilakukan setelah buka puasa hingga Subuh. Jadi, manfaat sahur ini merupakan salah satu waktu guna memenuhi kebutuhaan cairan tubuh tersebut. 

Jika tidak sahur, maka kebutuhan cairan tubuh sulit terpenuhi dengan baik, sehingga sangat berisiko mengalami dehidrasi saat menjalankan puasa di siang hari. Kondisi dehidrasi ini ditandai dengan rasa haus yang berlebihan, badan terasa lemas, konsentrasi berkurang, dan jumlah urine yang sedikit dan berwarna pekat. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa, anda dianjurkan untuk meminum air paling sedikit 2 gelas saat sahur.

  • Menjaga Pencernaan

Salah satu manfaat sahur untuk kesehatan adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Perlu diketahui bahwa bukanlah hal yang baik membiarkan lambung yang kosong dalam jangka waktu terlalu lama. Sebab hal ini akan menyebabkan peningkatan kadar asam lambung.

Selain itu, juga dapat menyebabkan gejala mag seperti nyeri ulu hati, rasa terbakar di dada, mual atau muntah. Pastinya kondisi ini akan mengganggu kelancaran puasa anda. Oleh karena itu, makan sahur merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mengisi lambung dan juga dapat mencegah asam lambung berlebih selama menjalankan puas di siang hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>