Manfaat Cek Perkembangan Anak

Deretan Permainan yang Bantu Kembangkan Bakat Anak

Perlu diketahui bahwa setiap anak berbeda dan mencapai level sesuai dengan perkembangan mereka sendiri. Namun, pada umumnya mereka ini mulai mempelajari keterampillan yang sama pada waktu bersamaan.

Sebagai contoh, misalnya bayi yang biasanya dapat merangkak sekitar 9 bulan. Tahapan tumbuh kembang yang satu ini rata-rata. Artinya setengah bayi akan bisa merangkak sekitar 9 bulan, dan setengah lainnya akan belajar merangkak lebih lama. Karena tahapan tumbuh kembang ini merupakan panduan, bukan kartu laporan.

Bahkan, tahapan tumbuh kembang anak ini akan berbeda apabila anak anda lahir lebih awal, artinya lebih dari 3 minggu sebelum tanggal jatuh tempo. Nah, untuk dalam kasus seperti, maka selama 2 tahun pertama gunakanlah tanggal jatuh tempo, bukan tanggal lahir anak anda pada saat akan mencocokkan tahapan tumbuh kembang anak.

Mengapa Mengetahui Tumbuh Kembang Anak Sangat Penting?

Apakah cek perkembangan anak sangat penting? Tahapan tumbuh kembang adalah merupakan hal yang sangat penting karena terkadang sang anak bisa mengalami keterlambatan dalam perkembangannya. Jadi, semakin dini mereka mendapatkan bantuan, maka semakin banyak kemajuan yang bisa mereka capai.

Selain itu, tahapan tumbuh kembang ini juga bisa memberikan anda gambaran yang jelas sehingga anda dapat memantau dimana posisi tumbuh kembang anak anda. Bukan hanya itu, tahapan tumbuh kembang ini juga bisa membantu anda untuk mengetahui  apa yang akan terjadi selanjutnya, sehingga anda bisa mendukung kebutuhan anak anda. 

Keterampilan Pada Tahapan Tumbuh Kembang Anak

Perlu anda ketahui bahwa keterampilan pada tahapan tumbuh kembang anak bisa ditunjukkan berdasarkan usia, yang dibagi menjadi beberapa bidang utama sebagai berikut :

  • Yang pertama adalah keterampilan komunikasi dan bahasa termasuk cara berbicara serta menggunakan bahasa tubuh untuk berkomunikasi dengan dan memahami orang lain.
  • Yang kedua adalah keterampilan gerak dan fisik yang melibatkan keterampilan motorik kasar seperti merangkak, berjalan, dan melompat, serta keterampilan motorik halus yang menggunakan tangan dan jari, seperti makan, menulis, dan berpakaian. 
  • Yang ketiga adalah keterampilan sosial dan emosional termasuk membentuk hubunganm bermain dan berbagi dengan orang lain, serta menanggapi perasaan orang lain.
  • Yang keempat adalah keterampilan berpikir dan mental yang mencakup cara anak berpikir, belajar, menyelesaikan masalah, serta menggunakan akal.

Kapan Anda Harus Khawatir Pada Tahapan Tumbuh Kembang Anak?

Tentunya setiap orangtua ingin memastikan bahwa anaknya itu bisa mempelajari semua hal dengan benar, namun jangan sampai anda terlalu terpaku dengan grafik dan tabel tahap tumbuh.

Apabila anda memilki masalah, maka segera konsultasikan dengan dokter anak anda. Karena dokter akan bisa memulai mengatasi masalah tersebut. Jika tidak memiliki masalah, maka dokter bisa membantu menenangkan pikiran anda. 

Pada setiap kunjungan, sang dokter akan bertanya tentang perkembangan anak sesuai usianya dan akan menginformasikan pada anda tentang apa yang harus dilakukan pada pemeriksaan selanjutnya. Bahkan, pada beberapa kunjunga, mungkin anda akan diminta untuk mengisi kuesioner perkembangan.

Aplikasi Untuk Memantau Perkembangan Anak

Untuk memantau tumbuh kembang anak, anda bisa menggunakan APIKUAN. Aplikasi yang satu ini dirancang khusus untuk para orangtua baru (pemula) dalam memantau pertumbuhan si kecil hingga usia 2 tahun. Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur yang menarik, seperti deskripsi bayi, timeline pertumbuhan anak, pertumbuhan perkembangan anak, jadwal imunisasi hingga catatan harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>