4 Penyebab Umum Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya

Problem klasik yang dapat mengikis kepercayaan diri adalah bau mulut. Tidak sedikit orang dalam kesehariannya tidak menyadari jika mulutnya berbau tidak sedap. Bau mulut bisa menjadi tanda penyakit atau cerminan kondisi tubuh seseorang. Cara mengatasi mulut supaya tidak bau bisa dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Berikut 4 penyebab umum bau mulut dan cara mengatasinya diantaranya yaitu :

  • Menjaga Kebersihan Mulut

Kekeliruan dalam merawat gigi dapat menyebabkan mulut mengeluarkan bau yang tidak sedap. Misalnya saja kurang menjaga kebersihan gigi. Menjaga kebersihan mulut yang benar adalah dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi berfluoride sebanyak 2 kali sehari. Menyikat gigi dengan benar secara signifikan dapat mengurangi bakteri di mulut. Saat menyikat gigi, jangan lupa bagian lidah dan pipi bagian dalamnya juga dibersihkan.

  • Mengkonsumsi Asupan Penetral Bau Mulut

Adanya beberapa asupan yang dapat menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap seperti kopi, ikan, bawang putih, telur, dan makanan pedas. Beberapa jenis asupan penyebab bau mulut tersebut akan melepaskan sulfida yang setelah dikonsumsi meninggalkan bau tidak sedap. Untuk menetralasir sulfida setelah mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang sudah disebutkan diatas. Kamu dapat mengkonsumsi lemon, peterseli, apel, wortel, serta buah buahan lainnya yang dapat merangsang produksi air liur. Selain itu juga kamu harus minum air putih yang cukup untuk merangsang produksi air liur.

  • Menghindari Terlalu Banyak Asupan Manis

Asupan yang manis dan tinggi gula seperti peremen, kue, minuman manis adalah kegemaran bakteri didalam mulut. Saat kamu mengkonsumsi asupan dengan gula tinggi, maka sisa makanan dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri biang bau mulut. Oleh karena itu minimalkan asupan manis. Jika kamu mengkonsumsinya, segera menggosok gigi dan membersihkan mulut dengan seksama supaya tidak adanya sisa makanan yang tertinggal di mulut.

  • Mengimbangi Diet Rendah Karbohidrat Dengan Cukup Minum

Tubuh akan mengalami proses ketosis saat mengurangi asupan karbohidrat dan menambah pasokan protein kedalam tubuh. Proses dibakarnya lemak menjadi energi ini dapat menciptakan limbah beraroma tidak sedap bernama keton. Keton tersebut dikeluarkan melalui urine dan napas. Untuk meminimalisir dampat keton yang menyebabkan bau tidak sedap, kamu disarankan banyak banyak minum air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>