5 Alasan Brokoli Harus Rutin Dikonsumsi

Brokoli merupakan sayuran yang bentuknya seperti miniatur pohon beringin ini adalah salah satu sayuran hijau premium karena harganya yang diatas rata-rata sayuran yang lain serta kandungan yang baik didalamnya. Tapi ini sesuai dengan kandungan gizi dan manfaat yang cukup lengkap terutama untuk mencegah kanker dan kesehatan darah. Kandungan didalam sayuran brokoli sungguh menakjubkan yang terdiri dari serat dan protein yang baik juga zat besi, potassium, kalsium, kalium selenium, magnesium, asam folat serta vitamin A, C, E, K dan berbagai vitamin B.

Menurut beberapa ahli gizi, brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang paling dianjurkan untuk sering dikonsumsi setiap hari. Berikut 5 alasan brokoli harus rutin dikonsumsi diantaranya yaitu :

  • Kandungan vitamin K

Vitamin ini merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dari terjadinya pembekuan darah. Dalam penelitian yang lain, vitamin K juga membantu meingkatkan kesehatan tulang terutama kepadatan mineral tulang sehingga mengurangi tingkat patah tulang para penderita osteoporosis. Orang dewasa membutuhkan 1mcg vitamin K per kilogram berat badan, berarti bila seseorang mempunyai berat badan 60kg membutuhkan 60mcg vitamin K tiap hari. Hanya dengan 100 gram brokoli kukus mengandung 145mcg, atau sekitar satu buah brokoli yang sering kita jumpai di pasaran, sudah bisa memenuhi kebutuhan tiap harinya.

  • Kandungan vitamin A

Sayuran ini terdiri dari karoten tertentu yang disebut lutein dan zeaxanthin, yang menurut penelitian tahun 2006 adalah zat yang bisa membantu mencegah penurunan kemampuan mata terkait usia seperti katarak dan rabun.

  • Kandungan vitamin C

Vitamin C identik dengan buah jeruk dan apel, tapi ternyata brokoli mempunyai kandungan vitamin C yang sangat baik. Vitamin juga berguna untuk mengendalikan penuaan dini, mencegah radikal bebas dan mempertahankan kekebalan tubuh. Terutama bila anda menyukai lalapan, ini bisa dimakan mentah ( tapi jangan lupa dicuci terlebih dahulu ). Tetapi dengan brokoli yang matang masih menyediakan kandungan vitamin C yang cukup yaitu 78 mgram ( setengah cangkir ) sekitar 84% dari kebutuhan total satu hari orang dewasa yaitu sekitar 90mg, atau sekitar satu setengah kali buah jeruk.

  • Kandungan vitamin B untuk ibu hamil

Bagi anda wanita yang sedang menjalani kehamilan, brokoli juga sayuran yang sangat baik karena ada sumber vitamin B yang baik yaitu B9 yang dikenal dengan folat. Folat merupakan nutrisi penting untuk perkembangan otak janin dan sumsuum tulangbelakang. Bila ibu hamil rutin mengkonsumsi brokoli dipastikan kondisi kehamilan sehat.

  • Tinggi serat dan rendah kalori

Penelitian tahun 2017 menunjukkan dengan mengkonsumsi brokoli dapat membantu penderita diabetes tipe 2 dengan merendahkan kandungan kalori karena kandungan sulforaphane. Juga tinggi serat yang berguna melarutkan asupan lemak dan kalori sehingga membantu kemungkinan diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *.

*
*
You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>